BERSAMA WARDAH LAZISMU SALURKAN DANA CSR BANTU PEMBANGUNAN MASJID, TIDAK DUKUNG FEMINISME DAN LGBT

Lazismu menerima bantuan dana program Corporate Social Responsibility (CSR). Dana tersebut dari PT. Paragon Technology Innovation. Yang mana PT. Paragon Technology Innovation merupakan pihak yang menaungi brand Wardah kosmetik. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan Masjid. Salah satunya yaitu untuk Majid At-Tanwir yang berada di kompleks Gedung Pusat Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Secara simbolis, bantuan CSR dari PT. Paragon Technology Innovation ini diserahkan melalui sekretaris Badan Pengurus Lazismu, Mahli Zainuddin. Dana tersebut diserahkan kepada Pimpinan Pusat muhammadiyah yang diwakili oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti di Aula KH. Ahmad Dahlan, Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah.

Dalam sambutan nya, Direktur program Lazismu Joko Intarto menuturkan bahwa Wardah sudah menyalurkan dana CSR. Selain itu juga Zakat perusahaan maupun zakat perorangan melalui Lazismu sudah lama. Empat tahun yang lalu dana yang sudah diterima sebesar Rp. 500 juta dan sekarang sudah Rp. 4 Miliar.

Pertumbuhan dana ini mengindikasikan dua hal yaitu Wardah berkembang dengan pesat dan semakin dipercaya oleh masyarakat. Perlu diketahui bahwa Wardah menyalurkan dana CSR kepada Lazismu sebesar 4 miliar. Adapun rinciannya, dana sebesar Rp 3 miliar tersebut untuk pemberdayaan masyarakat. Sedangkan untuk Rp 1 Miliar untuk pembangunan masjid At-Tanwir.

Joko menuturkan bahwa dana yang disalurkan kepada Lazismu sendiri digunakan untuk pemberdayaan dan sudah dimanfaatkan untuk pemberdayaan perempuan.

Pemberdayaan ini dalam wujud program [email protected] Corner. Sebuah program dengan model pemberdayaan ekonomi perempuan. Bekerja sama antara Lazismu, Majelis Ekonomi & Ketenagakerjaan Pimpinan Pusat Aisyiyah (MEK PP Aisyiyah) dan Wardah. Pada program, [email protected] Corner ini sudah dilaksanakan di 20 kabupaten. Sebanyak 100 perempuan menerima manfaatnya.

Di samping itu, bersama Wardah juga sudah memberdayakan perempuan melalui berbagai program sisiopreneur. Dengan memproduksi kain ecoprint di Desa Merden, Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk pelatihan produksi ecoprint ini telah menyasar peserta sebanyak 80 pengrajin secara berkelompok dalam 4 grub.

Lazismu mengucapkan terima kasih kepada Wardah karena sudah memberikan kepercayaan selama ini. Lazismu juga berharap bisa bekerja sama terus di waktu mendatang dengan berbagai program yang inovatif.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Umum Pimpinan pusat muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengapresiasi berbagai langkah Wardah yang sudah berkolaborasi dengan Lazismu.

Dana CSR yang dikeluarkan oleh Wardah semoga menjadi amal baik. Ini menjadi salah satu langkah positif dana CSR dialokasikan untuk berbagai kegiatan yang produktif.

“Selama ini ada kecenderungan dana zakat, infak dan sedekah, diberikan secara konsumtif (karitatif), karena dianggap mereka orang-orang yang memerlukan uluran tangan,” paparnya.

Hal tersebut memang tidak salah, akan tetapi dalam konteks jangka panjang ada berbagai ketentuan syarat bagi yang menerima manfaat ada tujuan untuk menumbuhkan dan pemberdayaan secara ekonomi dan pastinya juga akan lebih adil. Dalam Al-quran disebutkan bahwa distribusi zakat agar tidak hanya beredar pada orang-orang kaya saja.

Maka dari itu, penyalurannya perlu direncanakan agar cita-cita besarnya mengangkat mustahik menjadi muzaki dan bisa terlaksana. Meskipun di kapangan masih ada beberapa persoalan untuk berbagai upaya itu berupa faktor mental. Yang menjadi mustahik masih ada dalam diri sebagian orang. Maka faktor mental menjadi salah satu ikhtiar kita dalam pemberdayaan masyarakat melalui dana zakat ada semangat untuk bangkit.

Bahkan mengenai kecakapan skill juga harus menjadi perhatikan. Tanpa adanya skill ini maka bantuan tidak akan berhasil dalam penyaluran zakat. Ini menjadi salah satu modal dalam pemberdayaan masyarakat. Sehingga benar-benar harus dibedakan mana itu kemiskinan dan mana permiskinan.

Upaya Lazismu bersama Wardah dengan program pemberdayaan perempuan merupakan terobosan yang inovatif. Mengapa memilih perempuan? Karena perempuan dikenal ulet dan juga kreatif untuk berusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp